Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Buat teman-teman Guru Bahasa Arab atau yang berminat dengan bahasa Arab, berikut ini ana postingkan contoh RPP bahasa Arab kelas X MA dengan tema Hobi (Al Hiwayah). Semoga bermanfaat!
Buat teman-teman Guru Bahasa Arab atau yang berminat dengan bahasa Arab, berikut ini ana postingkan contoh RPP bahasa Arab kelas X MA dengan tema Hobi (Al Hiwayah). Semoga bermanfaat!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke : 1-3
![]() |
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan
Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas /
Semester : X / Genap
Alokasi
Waktu :
6 jam pelajaran

Standar Kompetensi:
·
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Hobi (
الهواية ) dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
- Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat tentang Hobi (الهواية)
- Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang Hobi (الهواية) secara tepat
- Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang hobi
- Melakukan dialog sederhana dengan tepat dan lancar
Indikator:
§ Mencocokkan tulisan dengan
kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata
yang disediakan
§ Menentukan benar/salah ujaran
yang didengar
§ Menirukan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan tepat
§ Melafalkan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan intonasi yang tepat
§ Menyampaikan informasi sesuai
konteks
§ Menirukan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
§ Melafalkan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
§ Menyampaikan
informasi sesuai konteks
§ Mengajukan
pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab
pertanyaan
§ sesuai konteks
§ Menceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
§ Melakukan
percakapan sesuai konteks
I Tujuan Pembelejaran:
Setelah
Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana
lisan secara rinci
II Materi Pembelajaran:
·
Hobi (
الهواية )
III Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
·
Drill
·
Mim-mem metodh
IV Langkah Pembelajaran:
a. Pertemuan Pertama 2 x 45 menit
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek
kehadiran siswa
c.
Guru bersama siswa
mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
f.
Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
a.
Guru membaca teks percakapan yang diikuti oleh
para siswa
b.
Guru mengartikan kata demi kata atau frase teks
percakapan yang diikuti oleh para siswa
c.
Guru menjelaskan makna utuh dari sebuah ungkapan
atau kalimat/jumlah dari teks bacaan
d.
Guru meminta beberapa siswa untuk mengartikan
teks percakapan kata demi kata/frase
e.
Guru meminta beberapa siswa untuk mengungkapkan
makna yang terkandung pada sebuah kalimat sempurna/jumlah taamah dari teks
percakapan dengan tema hobi
f.
Guru
memberikan kepada siswa lembar TTS
g. Siswa mengisi TTS
h. Siswa mengumpulkan lembar TTS yang telah diisi
i.
Guru dan
siswa mendiskusikan jawaban dari TTS
|
Guru/Buku Paket
Lembar TTS
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
b. Pertemuan
Pertama 2 x 45 menit
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran
siswa
c.
Guru bersama siswa
mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
f.
Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
a.
|
b. Menjelaskan secara singkat tema dan isi atau jalan
cerita hiwar.
c. Mengucapkan materi hiwar kalimat per kalimat, siswa
menyimak ucapan guru dengan penuh perhatian
d. Mengucapkan materi hiwar kalimat per kalimat, lalu
ditirukan oleh seluruh siswa.
e. Siswa melafalkan materi hiwar dengan tepat secara
klasikal.
f.
Menjelaskan
makna materi hiwar dengan cara tanya jawab, isyarat, peragaan atau
dramatisasi.
g. Menmberikan potongan kata kepada masing-masing siswa.
h. Siswa mencari pasangan kata masing-masing.
i.
Siswa
bersama pasangannya membacakan kemuka kelas.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
(index card match)
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a. Gurumemberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan penjelasan
dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
c.
Pertemuan Ketiga
( 2 x 45 menit )
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran
siswa
c.
Guru bersama siswa
mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
f.
Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
a.
membaca teks percakapan yang diikuti oleh para
siswa
b.
Guru meminta siswa yang bacaannya fasih untuk
membaca teks percakapan yang diikuti oleh para siswa
c.
Guru dan siswa melaukan tanya jawab tentang isi
percakapan
d.
Guru meminta para siswa agar mencari
pasangan untuk melakukan praktek
percakapan dengan tema hobi
e.
Guru meminta salah satu pasangan untuk melakukan percakapan di muka kelas
|
Guru/Buku Paket
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan penjelasan
dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
V
Sumber/Bahan/Alat
Belajar:
·
Guru
·
Buku paket
Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Laboratorium
Bahasa
VI
Penilaian:
·
Proses
( saat KBM berlangsung )
a.
teknik : menulis dan unjuk kerja
b.
Bentuk : lisan dan tertulis
c.
Aspek : menyimak dan berbicara
d.
Contoh
soal :
Simaklah
dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut :
1. Apa tema dialog tersebut
2. Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·
Hasil (tes tulis)
Mengetahui Muara
Bulian, 17 Juli 2015
Kepala
MAN Muara Bulian Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Drs. Raden Akhmad Sopian,
S. Ag
NIP. 19641231 199401 1 009 NIP.
19750806 200501 1 009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke : 4-6
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan
Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas /
Semester : X/ Genap
Alokasi
Waktu :
6 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
·
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Hobi (
الهواية ) dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1.
Membaca nyaring
kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis dengan tepat
dan benar tentang hobi
2.
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan
benar tentang hobi
3.
Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tertulis
secara tepat tentang hobi
Indikator:
§ Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan
tepat
§ Membaca nyaring kata/frasa /kalimat
dengan intonasi dan lafal yang tepat
§ Menentukan tema wacana tulis
§ Menentukan ide pokok dari wacana
tulis
§ Menentukan informasi rinci dari
wacana tulis
§ Menafsirkan makna kata/ungkapan
sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan
gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana
tulis
I
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah proses
pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca, mengindentifikasi dan menemukan
makna dari bahan bacaan
II
Materi
Pembelajaran:
·
Hobi (
الهواية )
III
Metode:
· Modeling
· Drill
IV Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat
berkenalan
f.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
|
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
a.
Seluruh siswa
mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.
Seluruh siswa
menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.
Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.
5 orang siswa maju ke
depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.
Setiap siswa mengajukan
pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.
Setiap siswa melakukan
percakapan dengan teman sekelas/sebaya
|
Guru
VCD
Buku Paket
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a. Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|
|
|
V Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·
Guru
·
VCD
·
Buku paket
Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Ruang multimedia
VI Penilaian:
§ Proses ( saat
KBM berlangsung )
·
Teknik : menulis dan unjuk kerja
·
Bentuk : UH, UTS, UKK
·
Aspek : membaca
·
Contoh
soal : Mainkan sebuah drama dengan tema
hobi
Kriteria
Penilaian meliputi:
·
Kesesuaian
tema
·
Ketepatan
intonasi dan makhroj
·
Kekompakan
·
Kelancaran
·
Hasil (ujian praktek lisan)
Mengetahui Muara
Bulian, 17 Juli 2015
Kepala MAN Muara Bulian Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Drs. Raden Akhmad Sopian,
S. Ag
NIP. 19641231 199401 1 009 NIP.
19750806 200501 1 009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke : 7-9
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan
Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas /
Semester : X/ Genap
Alokasi
Waktu :
6 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
·
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Hobi (
الهواية ) dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
·
Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
tentang hobi
·
Mengungkapkan gagasan atau
pendapat secara tertulis dalam kalimat
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang hobi
Indikator:
·
Menulis
kalimat dengan khat riq’ah
·
Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan
oleh guru
·
Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur
yang tepat
·
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·
Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema
I Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
Membaca wacana tulis dengan
tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar
II Materi Pembelajaran :
·
Hobi (
الهواية )
III Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
e.
Guru meminta salah
seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan
dengan tempat tinggal
f.
Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal
|
Pengalaman pribadi
Guru
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
a.
Seluruh siswa
mendengarkan lafal guru dalam membaca kata, frasa
atau kalimat
b.
Seluruh siswa
menirukan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
c.
Seluruh siswa
mendengarkan lafal guru dalam membaca wacana
d.
Seluruh siswa
menirukan lafal guru dalam membaca wacana
e.
1 orang siswa memimpin
teman-temannya membaca nyaring wacana tulis.
f.
Siswa dibagi dalam kelompok
kecil.
g.
Setiap kelompok terdiri dari
2-3 orang.
h.
Setiap kelompok
mengidentifikasi kata-kata atau istilah-istilah yang sulit.
i.
Setiap kelompok mengutus
perwakilannya untuk menulis kata-kata atau istilah-istilah yang sulit
tersebut di papan tulis.
j.
Setiap kelompok berdiskusi
untuk menentukan tema dan ide pokok dari setiap paragraf.
k.
Setiap kelompok membuat
rangkuman dari isi wacana tulis tersebut.
l.
Setiap kelompok membacakan
hasil rangkumannya di depan kelas.
m.
Guru membuat klasifikasi kata-kata
yang ada di dalam wacana tulis ke dalam huruf jar
n.
Guru mengklasifikasi
macam-macam huruf jar
o.
Siswa membuat contoh kalimat
dengan menggunakan huruf jar
|
Buku Paket Bahasa Arab
Buku Nahwu
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru memberikan pertanyaan
lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|
|
V Sumber/Bahan/Alat Belajar :
·
Buku paket
Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Ruang
multimedia
·
LCD
VI Penilaian:
·
Proses
(pada saat KBM berlangsung)
a. Teknik :
Individu dan kelompok
b. Bentuk :
Performa dan unjuk kerja
c. Aspek :
mennulis dan membaca
d. Contoh :
1.
Bacalah
dengan benar teks berikut!
2.
Temukan
ide pokok dari setiap paragraf!
3.
Tulislah
kembali bahan bacaan dengan khat riq’ah
·
Hasil (tes tulis, ulangan
harian)
Mengetahui Muara
Bulian, 17 Juli 2015
Kepala MAN Muara Bulian Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Drs. Raden Akhmad Sopian,
S. Ag
NIP. 19641231 199401 1 009 NIP. 19750806
200501 1 009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar